Minggu, 18 Juli 2010

Tips Mencuci Mobil

Tips Mencuci Mobil

Print PDF

Hampir semua orang pernah mencuci mobilnya sendiri, apalagi jika musimnya tidak menentu seperti sekarang ini, sekarang dicuci, eh karena hujan, besoknya harus dicuci lagi. Meski sering melakukan 'ritual' bersih-bersih kendaraan, namun tidak semua orang menyadari bahwa cara mencuci mobil, akan berpengaruh kepada faktor keawetan?mobil itu sendiri. Terlepas dari apakah Anda mencuci sendiri atau ke tempat cuci mobil, Anda sebaiknya perhatikan hal-hal penting dalam proses pencuciannya.

Ada beberapa hal penting yang perlu Anda cermati jika akan mencuci mobil, seperti air, peralatan mencuci dan cara mencuci. Karena air adalah hal utama dalam proses mencuci, perhatikan kondisi air yang digunakan, apakah terlihat keruh atau kotor? Jika salah satu kriteria tadi ada pada air tersebut, maka air tersebut tidak disarankan digunakan untuk mencuci mobil.

Jika air itu keruh dan kotor (misalnya air sungai atau air kolam, maka tentunya bukannya mobil jadi makin bersih, malah kotorannya makin bertambah. Tanpa disadari bahwa air yang keruh juga mengandung kotoran walaupun sangat halus. Lama kelamaan kotoran akan mengendap dan akan bertumpuk di mobil, hal ini bisa Anda lihat indikasinya pada body mobil yang cenderung semakin lama semakin kusam dan buram.

Yang kedua adalah peralatan mencuci. Saat Anda mencuci mobil di tempat cuci mobil, umumnya peralatannya sudah banyak yang menggunakan compressor, atau steam wash. Namun jika Anda mencuci di rumah atau di tempat tinggal sendiri, biasanya cukup dengan alat-alat lap kain halus (misalnya bekas kaos dalam), plas chamois, ember, selang air, sikat dan sabun.

Namun ada juga yang menggunakan alat, mesin steam wash sendiri, khusus untuk mencuci?mobil, biasanya ukurannya kecil, sekitar 600 watt, dan tentunya daya semprotnya juga tidak terlalu tinggi, di samping itu ada kelemahan dari alat ini, alat ini harus disambungkan dengan kran dimana airnya berasal dari bak penampungan, tandon dan tempat airnya sendiri harus tinggi lokasinya supaya tekanan air lebih besar. Selain itu karena memang alat ini tidak bisa menyedot air hanya dari wadah atau ember biasa.

Terlepas dari apakah Anda pakai steam wash atau cukup pakai ember saja, disarankan untuk menyeka air dan sabun dan gunakan 2 tipe lap atau plas chamois. Satu untuk mengelap bagian yang halus seperti body, kap dan kaca atau mika lampu, dan plas chamois yang kedua untuk mengelap bagian velg, ban, mesin dan bagian non body lainnya.


Usahakan pada saat mencuci, jangan sampai masing-masing lap bertukar fungsi, ini menjaga agar bagian yang halus (body, kap, lampu) tidak baret-baret, karena jika menggunakan satu lap, maka kotoran-kotoran seperti tanah, aspal atau pasir dari ban atau velg dan sektor kaki-kaki dikhawatirkan akan menempel dan merusak bagian yang halus lainnya.

Sabun yang kita gunakan juga mustinya jangan sembarangan, gunakan sabun yang sesuai untuk mencuci kendaraan, jangan gunakan sabun untuk mencuci pakaian, misalkan sabun colek atau deterjen. Hati-hati dalam hal penggunaan minyak tanah. Umumnya orang menggunakan minyak tanah untuk menghilangkan bekas aspal atau oli dan kotoran yang lengket di mesin atau body.

Yang terakhir dan yang terpenting adalah mencuci itu sendiri. Mencuci yang baik yakni mulai dari bagian bawah ke atas, mulai dengan membasahi seluruh permukaan mobil, setelah itu mulailah menggosok bagian kaki-kaki dan bagian mesin, baru setelah itu bagian body dan lampu.

Untuk proses mengeringkan, mulailah dari bagian atas turun ke bagian bawah, dengan tujuan bagian yang sudah kering tidak terkena air lagi sewaktu mengelap bagian atas.

Untuk bagian ban, setelah dicuci bersih, agar lebih terlihat mengkilat bisa kita gunakan semir ban. Banyak merek yang ada di pasaran, mulai yang murah sampai yang mahal sekalipun, namun Anda bisa juga mencoba menggunakan jenis minuman softdrink sebagai pengganti semir ban, cukup setengah botol ukuran biasa (sisanya boleh Anda minum sehabis mencuci mobil), oleskan dengan menggunakan kuas, atau kanvas besar ke bagian ban. Selamat mencoba.(JRT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar